PROFIL TPQ AL-HIDAYAH

PROFIL

TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ)

AL-HIDAYAH

TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN

(TPQ) AL-HIDAYAH

Alamat

Rw.03,Desa Sigeblog

Kecamatan Banjarmangu

Kabupaten Banjarnegara

Jawa Tengah

Pendiri

Ustadz.Nutarno

Tahun Berdiri

2005

Kepala

Nurohman

Jumlah Santri

73 Anak

Ciri Khas TPQ

Kemampuan Membaca Al Quran

Dengan Metode Iqro

Taman Pendidikan Alquran (TPQ)

AL-HIDAYAH. Pada mulanya adalah pengajian anak-anak yang dipelopori oleh Ustadz Nutarno pada tahun 2005. Kegiatan yang dilaksanakan di rumahnyaPak Nutarno, dan dilaksanakan sore hari Pukul. 16.30 – 17.30 WIB. Dalam pengajian beliau mengajarkan beberapa ilmu cara membaca Al Quran dan metode Iqro. Membaca dan memahami kitab Safinah dan lain-lain. Bermula dari pengajian biasa dan karena dukungan dan keinginan masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak-anak , maka pada tahun 2008 didirikan Taman Pendidikan (TPQ) Alhidayah dengan kepemimpinan oleh bapak Nurohman. Beliau adalah tokoh tokoh masyarakat di desa Sigeblog khususnya RW.03. Sejak lembaga ini berdiri tepatnya tahun 2008 dari pendirinya bapak Ustadz.Nutarno. Akhirnya Bapak Nutarno memberikan halaman rumahnya

untuk dibangun gedung TPQ yang dibantu warga sekitar, kemudian tanah tersebut diwakafkan untuk lembaga TPQ

  1. A.   KEADAAN MASYARAKAT

Jumlah penduduk disekitar taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Hidayah sebanyak 130 KK atau sekitar 523 jiwa. Semuanya mnganut agama Islam, pekerjaan mereka sebagian besar petani.

  1. B.   KEGIATAN PENDIDIKAN
    1. 1.    Gambaran Umum

Aktifitas belajar mengajar dilaksanakan mulai sore hari sampai malam hari dan wajib di ikuti oleh santri yang sudah khatam Qur’an. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum lokal dan kurikulum TPQ. Adapun kitab yang dikaji diantaranya adalah kitab Iqro, Safinah.

  1. 2.    Ciri Khas

Ciri Khas Taman Pendidikan Al’Quran (TPQ) Alhidayah penguasaan membaca Al’Quran dan menghafal surat-surat pendek dengan metode Iqro, dan penguasaan ibadah bagi anak-anak.

  1. C.   GURU/PEMBINA DAN SANTRI

Jumlah Santri TPQ Al-Hidayah berjumlah 73 orang , terdiri dari 27 Putra dan 46 putri . Berasal dari warga sekitar TPQ dan ada yang berasal dari tetangga dusun terdekat. Mereka rata-rata sekolah pagi hari di SD dan SMP dan sore hari sampai malam sesuai dengan kelas TPQ ikut kegiatan belajar hinga mampu dan menguasai kurikulum yang ada di TPQ ini. Taman Pendidikan Alquran (TPQ) AL-Hidayah disamping  oleh Ustadz Nutarno juga dibantu oleh Ustadzah Riyana dan masih ada 3 orang guru/pembina.

  1. D.   SARANA DAN PRASARANA

Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Hidayah memiliki gedung TPQ hanya satu ruangan yang dibangun diatas tanah wakaf yang belum disertifikat.

  1. E.   SUMBER DANA DAN USAHA EKONOMI

Sumber dana Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Hidayah berasal dari swadaya penyelenggara wali santri/Masyarakat sekitar .

  1. F.    PROGRAM PENGEMBANGAN

Sejumlah agenda pengembangan dan pembangunan Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Hidayah sedang dirancang baik berupa fisik maupun non fisik. Diantaranya adalah memperbaiki fisik TPQ pembangunan gedung yang lebih besar. Sebagai tindak lanjut pendidikan TPQ serta memperbaiki fasilitas penunjang belajar santri agar bisa lebih nyaman dan konsentrasi dalam belajar. Dibidang non fisik Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Hidayah ini juga terus melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap para santri terutama dalam masalah SDM bagi Ustadz/Ustadzah dan kerjasama dengan masyarakat luas, sehingga lembaga TPQ semakin maju dan berkembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s